MENGOPERASIKAN PERALATAN KANTOR
1.PENGGUNAAN
MESIN-MESIN KOMUNIKASI
A.
PENGGUNAAN TELEPON
1.
Pengertian telepon
Telepon
yaitu alat yang digunakan untuk penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak
lainnya dari jarak jauh, baik di dalam lingkungan sendiri maupun ke luar
kantor.
2.
Macam-macam pesawat telepon
1)
Pesawat tunggal yaitu pesawat yang biasanya digunakan di rumah-rumah
2)
PMBX (Private Manual Brand Xchange) yaitu pesawat telepon yang pengoperasiannya
melalui operator
3)
PABX (Private Automatic Brand Xchange) yaitu pesawat telepon yang
pengoperasiannya secara langsung atau tanpa melalui operator
3.
Cara penggunaan telepon
1)
Penggunaan telepon untuk percakapan local
2)
Penggunaan telepon untuk percakapan
interlokal dan international
B.
PENGGUNAAN HANDPHONE
1.
Pengertian handphone
Yaitu
alat komunikasi baik jarak dekat maupun jarak jauh. Dapat berupa komunikasi
lisan maupun tulisan.
2. Cara menggunakan handphone
a.
Cara mengirim berita
1)
Tekan tombol yang dituju
2)
Mulailah pembicaraan
3)
Sudah selesai pembicaraan tekan tombol No
b.
Cara menerima berita
1)
Tekan tombol yes
2)
Dengarkan pembicaraan
3)
Tekan tombol No jika pembicaraan sudah
selesai
C.
PENGGUNAAN FAKSIMILE
1.
Pengertian faksimile
Kata
facsimile berasal dari bahasa Latin yaitu fac yang artinya bikin atau simile
artinya serupa. Istilah facsimile juga disebut dengan foto kopi jarak jauh.
2.
Fungsi faksimile
a.
Untuk mengirim informs ke berbagai tempat sesuai dengan yang kita inginkan
b.
Untuk menerima informasi dari berbagai tempat
c.
Apabila mesin facsimile itu dilengkapi
dengan system memori maka facsimile dapat difungsikan untuk:
1)
Menyimpan dokumen sampai dengan beberapa lembar
2)
Mencetak sampai beberapa lembar kopi
3)
Menyimpan berbagai alamat
2.PENGGUNAAN
MESIN-MESIN PENGGANDAAN
A.
PENGGUNAAN MESIN STENSIL
Memiliki
ciri-ciri yaitu:
a.
Digerakkan dengan tenaga manusia
b.
Komponen dan cara kerja mesinnya mekanis
c.
Tinta yang digunakan adalah tinta berwarna
d.
Sheer yang digunakan bisa sheet stensil, sheet scanner, atau stencil cutter
sebagai sheet master
e.
Ukuran kertas maksimum ialah folio (8,5 inci x 13 inci)
B.
PENGGUNAAN MESIN FOTO KOPI
Mesin
fotokopi merupakan mesin cetak yang mempunyai kemampuan yang sangat
menakjubkan. Sebab, dalam mesin fotokopi terdapat system zoom, system
reduction, system fullsize, dan system document feeder
Langkah-langkah
pengoperasian
(1)
Masukkan tinta ke developer unit
(2)Tekan
tombol on/off dengan posisi on
(3)
Master diletakan pada kacalalu tutupkan kover diatasnya
(4)Tekan
tombol nominal jumlah yang dikendaki
(5)Hitung
jumlah kertas yang dikopi
3.PENGGUNAAN ALAT
BANTU PRESENTASI
A.
OHP
Cara
Pengoperasian
(1)
Siapkan ringkasan materi yang akan dipresentasikan
(2)
Periksa catu daya listrik
(3)
Atur Fokus
(4)
Simpan lembaran presentasi diatas alas kaca yang terdapat pada OHP
(5)
Nyalakan OHP dengna menakan tombol on-of
(6)
Gunakan seperlunya
(7)
Jika sudah cukup matikan OHP dengna menekan tombol on_of
B.
LCD Proyektor
(1)
Letakkan LCD pada tempatnya
(2)
Buka tutup lensa
(3)
Atur focus LCD
(4)Tekan
tombol power pada remote control
(5)
Nyalakan computer
(6)Jika
sudah selesai matikan
C.
Microphone
Yaitu
alat input suara yang dipergunakan bersama-sama dengan pengerras atau alat
perekam
4.PENGGUNAAN MESIN
CETAK
1.
Mengaktifkan file dokumen yang akan dicetak, biasanya menggunakan aplikasi
microsoftword
2.
Setelah itu, kita harus memastikan printer telah siap untuk digunakan (dalam
keadaan menyala dan terkoneksi dengan komputer)
3.
Klik file> lalu klik print, atau langsung dengan mengklik tombol yang
mempunyai simbol gambar printer
5.PENGGUNAAN MESIN
KETIK
1.
Mesin kita hubungkan dengan aliran listrik melalui stop kontak dan voltase-nya
harus disesuaikan dengan aliran listrik rumah atau kantor.
2.
Setelah mesin menyala kita masukan selembar kertas dan mulailah kita mengetik,
namun kita harus tahu bahwa tulisan yang akan kita ketik tidak langsung
tercetak pada kertas, melainkan disimpan terlebih dahulu dalam memori mesin
tersebut, bila kita telah yakin untuk dicetak di atas kertas cukup tekan tombol
enter maka mesin akan mencetak tulisan yang ada pada memori ke atas
kertas.
v Penanganan Perlengkapan Kantor
Untuk
menangani masalah peralatan/perlengkapan kantor yang dilakukan pada suatu
bagian kantor biasanya berdasarkan langkah-langkah berikut:
1.
Pengadaan
Yaitu
usaha yang bertujuan untuk memperoleh peralatan atau perlengkapan kantor sesuai
rencana kebutuhan yang telah ditentukan, melalui pembelian, pembuatan sendiri,
menyewa/mengontrak dan bantuan/sumbangan.
2.
Penyimpanan
Yaitu
kegiatan untuk menampung hasil pengadaan barang perlengkapan yang meliputi segi
administratif (pencatatan ke dalam buku barang) maupun segi fisik (penyimpanan
barang itu sendiri).
3.
Pendistribusian
Yaitu
penyaluran barang dari unit pergudangan kepada unit pemakai berdasarkan bon
permintaan dan harus dicatat pada buku pengeluaran barang.
4.
Pemeliharaan
Yaitu
segala usaha yang dilakukan terus menerus agar barang tetap terpelihara baik
sehingga siap dipakai pada saat diperlukan.
5.
Penghapusan
Yaitu
usaha yang dilakukan untuk meniadakan/menghapus barang-barang dari dalam daftar
inventaris berdasarkan peraturan yang berlaku.
v Pelaporan kerusakan peralatan kepada
pihak yang berwenang:
Melaporkan
kerusakan peralatan harus disampaikan kepada petugas yang telah ditunjuk
di perusahaan. Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, jika peralatan mati atau
ada kerusakan segera hubungi petugas terdekat.
•
Kerusakan peralatan ada dua kemungkinan yaitu :
1.
Kerusakan lokal, yaitu kerusakan dan gangguan masih dalam lokasi perusahaan
atau akibat pengguna.
2.
Kerusakan non lokal, yaitu kerusakan diakibatkan jaringan atau pihak di
luar perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar